Setelah menuai sukses pada empat edisi sebelumnya, Moonton selaku penyelenggara terus berinovasi agar turnamen ini terus disukai oleh penggemarnya di seluruh Indonesia. Ada pun selain menggelar Mobile Legends: Bang Bang Professional League season 5 atau  MPL, Moonton juga menghelat Mobile Legends Development League (MDL).

MDL dan MPL, secara format turnamen sebetulnya sama. Yang membedakan adalah peserta merupakan pemain pelapis yang memerlukan jam terbang bertanding.

MPL season kelima masih mempertandingkan delapan tim eSports. Mereka adalah EVOS eSports, Rex Regum Qeon (RRQ), Alter Ego, Onic eSports, Aura eSports, Bigetron eSports, Geek Fam ID, dan Genflix Aerowolf.

Nantinya, pesera MDL juga berasal dari tim-tim MPL, namun yang bermain adalah skuat pelapis. Belum diketahui apakah bakal ada sistem promosi dan degradasi.

Sejumlah perombakan skuat dan pelatih dilakukan oleh tim-tim peserta. Namun, khusus Onic eSports, Alter Ego, dan RRQ tidak melakukan perubahan.

Berdasarkan keterangan MPL ID Official, MPL season 5 akan dimulai pada 7 Februari 2020 mendatang. Sementara itu, MDL akan digelar 14 Februari 2020.

Konferensi pers terkait MPL season 5 baru digelar Moonton, Kamis (30/1) di XO Hall Tanjung Duren.

Selain dimulai pekan depan, regular season MPL season 5 juga akan kembali dihelat di tempat yang sama yakni MPL Arena di XO Hall Tanjung Duren itu sendiri.

Ada perbedaan yang mengejutkan dari MPL Season 5 ini, yaitu, MPL Season 5 ini akan disiarkan langsung tidak hanya dari Facebook Gaming saja, tetapi kita bisa menontonnya di Facebook Gaming, Youtube, dan Nimo TV.

Tak hanya itu, MPL season 5 juga bisa ditonton di televlsi tradisional yakni Elshinta TV.

Wah, semakin tidak sabar ya dengan kehadiran MPL Season 5 ini. Semoga ada gebrakan baru untuk melampaui Hype MPL season 4 lalu.